Minggu, 23 Agustus 2015

Jiwa Entrepreneur bagi Mahasiswa Ekonomi



     Di era globalisasi ini, kita merasakan banyaknya perubahan yang terjadi di sekitar kita. Perubahan terjadi diberbagai macam bidang seperti teknologi, sosial, dan ekonomi. Meningkatnya angka kelahiran setiap tahunnya membuat perubahan yang signifikan. Hal tersebut juga mengakibatkan banyaknya permintaan akan alat pemuas kebutuhan manusia. Permintaan akan lapangan pekerjaan juga. Di Indonesia, banyak tawaran akan pekerjaan. Namun, kriteria yang dibutuhkan cukup tinggi membuat tidak semua orang bisa mendapat pekerjaan tersebut. Tidak sedikit orang di Indonesia masih berpendidikan minim. Walaupun sebenarnya pendidikan yang tinggi juga menjadi jaminan sukses dalam bekerja.
            Menjadi seorang wirausahawan atau pebisnis merupakan salah satu langkah tercepat mencapai sukses dan menjadi kaya. Hampir setiap orang ingin menjadi wirausahawan atau enterpreneur yang sukses. Namun, hanya beberapa orang yang langsung ”take action”dan mewujudkan apa yang dia inginkan selama ini, yaitu pengusaha sukses. Pemikiran akan resiko-resiko dan perencanaan yang terlalu lama seringkali menjadi penghambat seseorang untuk “take action” dan maju untuk menjalankan perusahaan yang dibangunnya.
            Kita, sebagai mahasiswa ekonomi, beruntung masih bisa mendapatkan ilmu ekonomi. Walaupun sebenarnya, ilmu apapun bisa didapat dimana pun dan kapan pun. Mahasiswa ekonomi bisa dikatakan beruntung. Kenapa? Karena selama perkuliahan merekabanyak mendapatkan ilmu-ilmu yang kedepannya dapat diimplementasikan di masyarakat.
            Selama perkuliahan, mahasiswa ekonomi dicoba untuk membuka pikiran dan berpikir secara dalam dan panjang. Mahasiswa ekonomi juga dituntut untuk berwawasan luas dan global agar ilmu yang dipelajari selama ini dapat dipraktekan secara baik dan berjalan sesuai harapan.
            Mahasiswa ekonomi juga sangat beruntung karena mendapat ilmu ekonomi disaat kebanyakan orang masih belum mendapatkan kesempatan untuk mempelejari ilmu ini secara mendalam. Selama perkuliahan, mahasiswa ekonomi juga mendapatkan training, seperti Praktek Kerja Lapangan atau yang biasa disebut PKL. Praktek kerja semacam ini membuat mahasiswa ekonomi mendapat ”bayangan” akan seperti apa mereka kedepannya. Entah itu menjadi pekerja atau orang yang membuka lapangan pekerjaan. Banyak juga dari mahasiswa ekonomi ketika mereka PKL, langsung ditawarkan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tetapi, tidak sedikit juga yang akhirnya membuat lapang pekerjaan. Praktek kerja lapangan tersebut membuat mahasiswa ekonomi mempunyai sedikit pengalaman. Banyak dari mereka yang ketika lulus, langsung membuka usaha sendiri.
            Lalu, pentingkah menumbuhkan jiwa enterpreneur bagi mahasiswa ekonomi?
            Ya. Sangatlah penting menumbuhkan jiwa enterpreneur bagi mahasiswa ekonomi. Kenapa? Karena, selama masa perkuliahan mahasiswa ekonomi dibekali dengan ilmu-ilmu ekonomi dan mendapat pengalaman bekerja di instansi atau perusahaan. Tumbuhnya jiwa enterpreneur bagi mahasiswa ekonomi juga merupakan tujuan dari jurusan tersebut. Besar harapan, lulusnya para mahasiswa ekonomi nanti mereka dapat membuka lapangan pekerjaan atau  sebagai pemilik perusahaan. Sehingga, banyak orang dapat tertolong karena banyak dibukanya lapangan pekerjaan.
            Mahasiswa ekonomi juga identik dengan “boss” yang maksudnya mereka merekrut banyak orang. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa setelah lulus, mahasiswa ekonomi dapat membantu perekonomian Indonesia.
            Selain ilmu-ilmu yang didapatkan selama kuliah, niat dan tekat yang kuat untuk berwirausaha juga sangat diperlukan. Tanpa adanya niat dan tekad yang kuat akan menjadi sia-sia. Karena, dalam dunia bisnis, kita akan bersaing dengan banyak orang secara nasional maupun internasional.
Memiliki ide bisnis, sifat optimisme, dan terus belajar untuk berwirausaha juga sangatlah penting. Jadi, perusahaan yang dibangun akan membawa manfaat bagi pemilik maupun para pekerja. Sehingga, bisnis yang dijalankan akan maju dan sukses.
Oleh karena itu, tumbuhnya  jiwa enterpreneur bagi mahasiswa ekonomi sangat penting karena kedepannya, mereka bisa membantu para pengangguran. Hal yang terpenting dari tumbuhnya jiwa enterpreneur ini adalah lakukan sekarang juga. Banyak orang yang memiliki impian-impian untuk mempunyai suatu perusahaan tetapi masih saja belum bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar